Forex

Mengapa Tak Mau Belajar Berakibat Fatal dalam Trading

Trading adalah aktifitas yang memerlukan banyak pengalaman untuk bisa sukses. Trader yang baik tak hanya bergantung pada reputasi broker serta sistem yang dijamin ampuh, namun juga pengalaman serta kemauan belajar. Seperti pepatah tidak ada yang lebih tuli daripada orang yang tidak mau mendengar, trader paling gagal biasanya adalah mereka yang malas keluar dari zona nyaman akun gratisannya, malas belajar, dan tidak mau belajar dari mereka yang sudah sukses. Kunci trading berarti berani rugi, mau belajar dan menginvestasikan waktu dan uang untuk sukses.

"Mengapa

Bebarapa alasan Mengapa Tak Mau Belajar Berakibat Fatal dalam Trading

Walaupun berbagai trik trading sudah berseliweran di berbagai situs dan buku, bukan berarti Anda bisa menghapalkannya. Trader yang baik berani mengambil resiko rugi dalam menerapkan suatu metode, karena tidak ada situasi trading yang sama bagi tiap trader. Perbedaan komoditas atau mata uang yang ditransaksikan, waktu trading yang dipilih, jumlah modal yang dimiliki dan sebagainya ikut memengaruhi kondisi dan dinamika aktifitas trading seseorang. Karena itu, seorang trader harus punya mental mau belajar dan mendengar.

Belajar di sini maksudnya bukan hanya dari trader profesional (termasuk mereka yang biasanya menjadi semacam konsultan bagi trader baru di perusahaan broker), melainkan juga dari pengalaman. Keahlian trading diperoleh dari pengalaman, kendali emosi yang baik, kemampuan analisa yang dikembangkan secara perlahan-lahan, serta kemauan untuk keluar dari zona nyaman. Jika Anda mendengar kisah-kisah sukses para trader yang bisa mendapat keuntungan ratusan bahkan ribuan dolar dari kegiatannya, kisah tersebut pasti diwarnai dengan kisah-kisah kerugian besar maupun kecil yang pernah mereka alami.

Jika Anda tidak mau belajar, termasuk belajar dari pengalaman dan kisah trader yang lebih berpengalaman, Anda akan terjebak dalam batasan trading yang Anda buat sendiri, dan keuntungan Anda tidak akan berkembang. Contoh trader seperti ini adalah yang terus-menerus harus stop loss alih-alih menghasilkan profit secara konsisten, dan bahkan memasang fitur stop loss otomatis karena takut rugi.

Apa yang Harus Dipelajari dalam Trading

Tidak ada yang lebih tuli daripada orang yang tidak mau mendengar, itu benar. Pertanyaannya: apa saja yang harus Anda dengarkan dan pelajari agar bisa sukses? Beberapa hal terpenting untuk dipelajari dalam trading antara lain:

  • Berbagai metode trading, minimal dari yang dasar dulu. Hal ini penting untuk referensi agar Anda bisa memilih metode paling tepat dan pas untuk aktifitas Anda sendiri (tiap orang punya pilihan metode berbeda).
  • Berbagai metode manajemen resiko, karena sangat penting dalam aktifitas yang terjadi di lingkungan pasar yang aktif dan terus bergerak.
  • Kisah-kisah para trader sukses, terutama pengalaman mereka ketika mencoba suatu metode dan mengalami kerugian atau keuntungan besar. Hal tersebut bisa dijadikan pelajaran dalam menghadapi situasi tak terduga, terutama karena tiap trader punya cara unik dalam mengatasi masalah saat trading.
  • Kemampuan menahan emosi dan tidak mengambil keputusan terburu-buru (salah satu hal yang menyebabkan seringnya melakukan stop loss). Trading sangat dinamis sehingga kemampuan menahan diri sangat diperlukan.
  • Kemampuan manajemen uang, karena jika Anda hendak berkomitmen untuk terus melakukan trading sebagai usaha utama, Anda sebaiknya memiliki cadangan uang yang cukup untuk berjaga-jaga seandainya Anda rugi baik kecil atau besar.

Ingat, melakukan kesalahan lalu belajar untuk tidak mengulanginya itu lebih baik daripada tidak belajar sama sekali karena takut. Belajarlah dari kisah-kisah para trader sukses, tambah pengetahuan dan jangan malu untuk mendengarkan saran yang baik.

Andre Herlambang

Seorang pemerhati bisnis yang sangat mengidolakan bill gates, saat ini masih belajar merintis bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline. Sangat tertarik dengan trading saham, dan Selalu membaca berita seputar Bursa Efek Indonesia setiap pagi...

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button