Bisnis

Kisah Inspiratif Menyalurkan Bakat Menjadi Bisnis Skala Dunia

Semua orang memiliki kegemaran. Mungkin saja, kegemaran kita adalah memasak, bermain tennis, atau membuat origami. Apapun itu, kita bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam tanpa sadar karean terlalu asyik. Bagaimana jika anda bisa menyalurkan bakat menjadi bisnis, dan anda bisa melakukan apa yang anda sukai sekaligus mendapatkan uang? Tentunya, itu merupakan sebuah win-win solution, bukan?

Bakat dan hobby merupakan peluang bisnis yang menarik pada saat di mana kita diharapkan untuk tinggal di rumah. Ada banyak contoh pengusaha sukses yang berawal dari hobby. Di antaranya adalah Dan dan Dave Buck, dua saudara kembar dari California. Berikuta adalah cerita inspirasi bagaimana kedua saudara kembar ini menekuni bisnisnya.

menyalurkan bakat menjadi bisnis
menyalurkan bakat menjadi bisnis

Menyalurkan Bakat Menjadi Bisnis: Kisah Inspiratif

Dua saudara kembar Dove dan Dan sangat menyukai olah raga esktrim sejak mereka masih anak-anak. Mereka tidak hanya ingin melakukannya dengan baik, namun selalu berupaya untuk naik ke level tertinggi. saat mereka mulai mengembangkan kesukaan terhadap sulap di usia 11 tahun, tidak heran jika mereka tidak ingin menjadi pesulap biasa saja. Mereka ingin mengembangkan trik kartu dan penampilan yang belum pernah dilakukan siapapun.

Agar penampilan sulap mereka semakin memukau, kedua saudara kembar ini akhirnya menciptakan sebuah bentuk seni bernama cardistry, yang merupakan seni penampilan sulap kartu. Jika anda pernah melihat pesulap memutar-mutar kartu di sela-sela triknya, maka itu adalah seni cardistry. Mereka latihan tanpa rasa lelah, sehingga akhirnya mampu menciptakan bentuk seni kartu yang belum pernah dilakukan orang lain sebelumnya.

Setelah sepuluh tahun setelah keduanya mulai berinovasi dengan teknik cardistry yang baru,  penampilan mereka akhirnya menjadi sebuah gerakan yang mendunia. Lalu, bisakah anda melakukan inovasi yang sama terhadap hobby anda? Berikut adalah apa yang dilakukan oleh kedua saudara kembar ini untuk menyalurkan bakat menjadi bisnis yang mendunia:

Ceritakan kepada dunia tentang apa yang anda sukai

Karena Dave dan Dan mengembangkan seni sulap kartu yang baru dengan menggunakan bahan-bahan original, mereka ingin dunia tahu tentang hal itu. Setelah itu, keduanya belajar tentang web design, dan cara membuat video VHS. Kemudian, mereka menjual video-video tersebut melalui website mereka. Saat mencapai usia remaja, mereka mulai sering ‘nongkrong’ di restoran. Dengan memanfaatkan uang tabungan, di usia 14 tahun, mereka mulai menghadiri sejumlah konferensi sulap di Eropa untuk belajar tentang sulap dan mencari cara untuk membagi inovasi mereka kepada dunia.

Tips:

Dengan teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang ini, akan sangat mudah bagi anda untuk berbagi pengetahuan. Ada banyak saluran online yang bisa anda manfaatkan. Seperti yang dilakukan saudara kembar ini, lakukan inisiatif yang sama dan bagilah apa yang anda sukai kepada orang lain. Misalnya, jika anda suka memasak, maka ikutlah dalam event-event memasak di daerah anda atau level nasional. Dengan demikian, anda bisa membuka jalan untuk membagi pengetahuan unik yang anda miliki kepada orang lain dan menyalurkan bakat menjadi bisnis dengan cara yang kreatif.

Lakukan branding sesuai hobby

Saat kedua saudara kembar ini menghadiri konferensi sulap di usia remaja, mereka bahkan tidak memiliki uang untuk membeli stan pameran dan mempromosikan karya mereka. Namun, mereka memiliki cara sendiri untuk menarik perhatian. Meski bertentangan dengan aturan konferensi, namun karena kesukaan mereka terhadap cardistry, keduanya berdiri di luar area pameran dan menampillkan trik sulap mereka untuk menarik perhatian banyak orang.

Satu lagi yang menjadi daya tariknya adalah karena keduanya kembar, dengan nama Dave dan Dan. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk membangun reputasi sebagai inovator di bidang sulap. Mereka juga berhasil menjual video-video dan pamflet tentang trik cardistry di konferensi yang mereka hadiri. Pada akhirnya, mereka bisa menghasilkan uang jauh lebih besar daripada yang bisa dibayangkan oleh remaja seusia mereka.

Tips:

Ketika anda melakukan apa yang anda sukai dan menyalurkan bakat menjadi bisnis dengan sepenuh hati, maka kisah tentang brand anda akan mengalir secara alamiah.

Selalu berusaha lebih baik

Bagi para inovator, kesempurnaan adalah standar. Setelah ditolak masuk ke sekolah perfilman, kedua saudara kembar ini melihat peluang untuk terus membangun bisnis sulap mereka. Mereka pindah ke Las Vegas dan merekam sebuah video tentang trik kartu. Bahan yang digunakan juga baru, namun mereka tetap menginginkan sesuatu yang sempurna.

Keduanya menggunakan produksi dan kemasan yang super canggih. Merkea membuat sebuah video sulap yang tidak biasa dan belum pernah ada di pasaran. Mereka juga membangun sebuah toko online dan menjual lebih dari 20.000 unit video. Tentunya, anda tidak akan bisa membayangkan berapa jumlah uang yang bisa mereka hasilkan dari usaha ini.

Tips:

Saat menjalankan bisnis dari apa yang sangat anda sukai, hanya anda yang bisa menetapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri. Naikkan standar anda ke tingkat yang lebih tinggi, jika suatu standar sudah tercapai.

Peluang datang secara alamiah

Setelah sukses menjual video sulap mereka, Dove dan Dan mulai memproduksi dan mendistribusikan materi untuk pesulap lain. Ini adalah bentuk pengembangan bisnis mereka. Berkat pengalaman menjual produk secara online, mereka sukses meluncurkan sebuah bisnis baru yang diperuntukkan untuk membantu bisnis lain. Mereka kemudian melihat peluang untuk membuat konferensi sulap dalam konsep yang berbeda.

Mereka kemudian meluncurkan Magic-Con, yakni sebuah konferensi sulap berkualitas tinggi dengan durasi 20 menit. Fokusnya adalah sesi tanya-jawab. Berkat koneksi yang sudah dibangun dari kunjungan mereka ke berbagai koferensi, konferensi yang mereka buat juga menjadi hit dan bahkan menjadi standar baru di dunia sulap.

Pada saat yang sama, cardistry semakin populer. Kedua saudara kembar ini mencoba memulai langkah ke pasar global. Untuk itu, mereka mendirikan dua bisnis baru. Dave dan Dan meluncurkan Art of Play, sebuah situs online yang menjual perlengkap sulap dan permainan yang unik, cantik, dan berkualitas tinggi. Mereka juga meluncurkan Caridstry-Con, yang sekarang sudah menjadi situs konferensi global khusus untuk cardistry.

Menyalurkan Bakat Menjadi Bisnis: Lakukan Apa Yang Anda Suka

Kedua saudara kembar ini tidak pernah membuat visi jangka panjang tentang trik sulap kartu yang mereka bangun atau bisnis-bisnis yang akan mereka dirikan seputar dunia sulap. Mereka hanya melakukan apa yang mereka sukai. Peluang datang secara alamiah.

Memulai bisnis tidak selalu diawali dengan ide-ide yang brilian. Jika anda mengetahui sesuatu dengan baik dan suka melakukannya, anda akan menemukan cara untuk unggul dan membaginya kepada dunia. Itulah yang dilakukan dua saudara kembar Dave dan Dan. Mereka sudah melangkah ke pasar global. Anda juga bisa, jika anda menyalurkan energi dengan cara yang benar.

Andre Herlambang

Seorang pemerhati bisnis yang sangat mengidolakan bill gates, saat ini masih belajar merintis bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline. Sangat tertarik dengan trading saham, dan Selalu membaca berita seputar Bursa Efek Indonesia setiap pagi...

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button