Emas

Jangan Sampai Tidak Baca! Begini Cara Mengenal Ciri-Ciri Emas Asli

Emas saat ini sudah menjadi harta yang paling aman untuk disimpan. Hal ini dikarenakan harga jualnya yang selalu naik setiap tahunnya. Itulah mengapa banyak orang yang memilih menyimpan harta dalam bentuk ini daripada uang. Namun ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan untuk meyakinkan keasliannya.

 

emas
emas

Mengenal Ciri Emas Asli

 Perhatikan Warnanya

Cara pertama untuk mengetahui keaslian dari emas adalah memperhatikan warna dari badannya. Cara mengeceknya dengan menggosokkan badannya ke tangan Anda lalu amati perubahan warnanya. Jika tidak ada perubahan yang terjadi maka bisa dipastikan sudah asli. Namun jika terjadi perubahan warna di dalamnya maka bisa dipastikan itu adalah palsu.

Coba Gigit

Cara berikutnya untuk mengetahui asli tidaknya sebuah mas adalah dengan cara menggigitnya. Pastinya Anda sering melihat adegan sinetron dimana seseorang menggigit emas untuk mengetahui keasliannya. Keasliannya bisa dilihat ketika dirasa ada sedikit kelunakan pada badannya namun jika sangat keras bisa dipastikan bahwa itu adalah palsu.

Gunakan Magnet

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian emas adalah dengan menggunakan alat pengukur, alat yang bisa digunakan adalah magnet. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mendekatkan magnet pada benda yang akan diukur tersebut. Kemudian perhatikan dengan seksama apakah magnet memberikan reaksi berupa penarikan atau malah sebaliknya. Jika tertarik maka itu adalah asli namun jika sebaliknya maka itu adalah palsu.

Gunakan Penggores

Alat yang biasa digunakan untuk menggores adalah keramik. Untuk mengetahui keaslian dari emas ini goreslah emas menggunakan keramik. Lalu perhatikan dengan seksama apakah pada keramiknya meninggalkan bekas hitam atau tidak. Jika meninggalkan bekas hitam maka bisa dikatakan itu adalah palsu. Namun jika tidak meninggalkan bekas apapun maka bisa dikatakan itu adalah asli.

Gunakan Asam

Cara yang satu ini memang sedikit beresiko pada kerusakan emas milik Anda sehingga tidak sembarang orang bisa melakukannya. Harus ada pendampingan khusus untuk menjaga kebaikan kadar di dalamnya. Jika warnanya berubah ketika ditetesi cairan asam maka bisa dikatakan itu palsu. Namun jika tidak ada perubahan di dalamnya bisa dikatakan itu adalah asli.

Sertifikat

Mengetahui keaslian dengan mudah adalah melihat sertifikat yang ada pada pembeliannya. Namun Anda juga harus memperhatikan keaslian dari sertifikat tersebut bisa saja dibuat untuk memalsukan. Pastikan Anda tahu perusahaan yang membuat emas dan juga pihak yang berwenang di dalamnya.

Rasakan Beratnya

Emas akan memiliki berat sesuai nominal aslinya sehingga ketika Anda menemui berat yang tidak sesuai atau kelihatannya berat namun nyatanya tidak berat Anda patut untuk curiga bahwa itu adalah palsu.

Tips Membeli Emas Asli

Selalu Update Harga Terkini

Pertama jangan lupa untuk menambah wawasan mengenai harga terkini jangan sampai salah beli.

Ketahui Kadar Kandungannya

Kandungan ini bisa dilihat harus sesuai dengan standar Internasionalnya untuk menghindari tindakan penipuan di dalam transaksi.

Belilah pada Tempat Terpercaya

Tempat yang meragukan lebih baik dihindari karena hal ini marak menimbulkan penipuan.

Simpan Dengan Baik

Letakkan emas yang telah dibeli pada tempat yang bagus dan aman. Hal ini akan memberikan keawetan tersendiri pada badannya. Kemudian jangan lupa untuk menjaga dan menyimpan sertifikatnya karena jika ini hilang tidak akan bisa dijual maupun ditukar dengan harga yang mudah. Tentu saja hal ini akan merugikan.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan emas yang asli lengkap dengan tips membelinya.

 

 

 

Andre Herlambang

Seorang pemerhati bisnis yang sangat mengidolakan bill gates, saat ini masih belajar merintis bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline. Sangat tertarik dengan trading saham, dan Selalu membaca berita seputar Bursa Efek Indonesia setiap pagi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button