Bisnis

Cara Membuat Video Viral: Tips Bagi Calon Vlogger Sukses

Menjadi seorang video blogger (vlogger) saat ini dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Orang pastinya lebih menyukai video dibanding gambar. Video menyajikan lebih banyak informasi. Mengingat tingginya persaingan di dunia video blogging, maka anda harus memastikan bahwa video yang dibuat benar-benar catchy. Lalu, bagaimana cara membuat video yang viral? Video yang menarik akan membawa anda pada keajaiban: video anda akan dibagikan oleh banyak orang, sehingga menjadi viral.

Cara membuat video viral dan menarik

Menjadi viral bukanlah tujuan akhir dari anda membuat video. Dunia internet dipenuhi oleh banyak video. Agar menjadi viral, video yang anda buat harus luar biasa. Bagaimana caranya? Anda harus memahami bagaimana dan kenapa pengguna internet memakai content tertentu. Video-video viral sebenarnya memiliki beberapa kesamaan. Berikut adalah beberapa kunci pokok yang perlu anda perhatikan sebagai cara membuat video viral untuk vlogging:

cara membuat video viral
cara membuat video viral
Buat video singkat dan padat

Ada jutaan artikel yang beredar  dan membuat jenuh pengguna internet dalam dekade terakhir. Itulah sebabnya mereka beralih ke video. Video-video paling populer umumnya singkat, dikemas dengan manis, dan to-the-point. Jadi, video viral harus benar-benar menarik perhatian. Pengguna tidak mencari video viral saat membuka internet. Namun, mereka menemukannya saat melakukan pencarian di media sosial.

Jika anda bertanya berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna internet untuk menonton video anda, maka jawabannya NYARIS TIDAK ADA. Mereka akan memilih video yang durasinya 45 hingga 60 detik dibanding video yang durasinya 5 menit.  Di antara content yang viral, umumnya adalah video pendek. Jadi, padatkan pesan-pesan yang ingin anda sampaikan dalam sebuah video pendek yang menarik.

Sampaikan satu pesan namun berarti

Karena sebagian besar pengguna internet tidak betah dengan content yang panjang, maka vieo yang anda buat harus jelas. Harus ada tema yang jelas, seperti hiburan, informasi, atau edukasi. Pengguna harus bisa menemukan elemen mana yang ingin anda sampaikan melalui video-video yang ada di channel anda sebelum mereka menontonnya.

Karena waktu yang singkat, pastikan anda menetapkan satu pesan tunggal yang ingin disampaikan. Susun strategi untuk mencapai tujuan tersebut secara efektif dan jelas, sesuai waktu yang anda rencanakan. Tidak perlu menyampaikan pesan-pesan ekstra di akhir video. Hal itu hanya akan membuat pengunjung bingung dan akhirnya akan mempertanyakan tujuan dari video tersebut.

Bangkitkan emosi penonton

Konten video yang viral akan membangkitkan semacam emosi bagi orang yang menontonnya. Video tersebut bisa membuat penonton bahagia, sedih, atau berterima kasih. Itulah sebabnya anda harus tetap fokus pada penonton, bukan pada apa yang sedang anda jual, sekalipun anda sebenarnya membuat video tentang produk atau jasa yang sedang anda jual.

Pastikan video anda mudah dibagikan

Sebagian besar pengguna membuka video di ponsel. Jadi, salah satu cara membuat video viral adalah memastikan kontent tersebut mobile friendly, atau mudah digunakan di ponsel. Salah satu contoh sederhananya adalah audio. Sekitar 85% dari video di Facebook ditonton tanpa suara, karena banyak orang menonton video sambil mengerjakan hal lain.

Bukan berarti anda harus membuat video tanpa suara. Namun, cobalah menonton video yang sudah anda buat tanpa suara. Apakah pesan yang ingin anda sampaikan bisa dipahami tanpa suara? Jika video anda ternyata terasa aneh saat ditonton tanpa suara, berarti video tersebut belum mobile friendly.

Pilih Thumbnail yang bagus

Thumbnail sangat penting karena merupakan bagian pertama dari video anda yang kemungkinan besar akan dilihat pengguna. Temukan kerangka dalam video anda yang benar-benar mewakili nilai dan pesannya serta  mampu menarik emosi penonton. Misalnya, thumbnail untuk video coffee shop idealnya adalah tentang cara membuat minuman kopi yang menjadi andalan coffee shop tersebut. Dengan memilih thumbnail yang sesuai, berarti anda menyampaikan pesan kepada pengguna bahwa mereka sedang mempelajari sesuatu, misalnya, bagaimana cara membuatnya di rumah.

Selain itu, pastikan judul video yang anda pilih mudah di-klik. Memilih judul yang tepat adalah kunci menarik pengunjung. Judul yang to-the-point dan jelas akan lebih mudah menarik perhatian, jika video anda mengusung pesan informasi. Namun, jika target penonton anda lebih menyukai judul yang sedikit mengandung makna misteri, maka carilah judul yang membuat mereka penasaran.

Apa yang anda lakukan setelah membuat video viral adalah hal penting beriktnya. Pastikan anda selalu memperhatikan bagaimana pengguna melihat video anda. Pengetahuan tentang cara membuat video viral dan terus mempertahankannya sangat berguna bagi anda untuk sukses di masa depan. Dengan strategi dan perhatian terhadap hal-hal kecil sekalipun, anda akan mampu membuat video yang viral sekaligus mampu memperkuat reputasi brand anda.

Andre Herlambang

Seorang pemerhati bisnis yang sangat mengidolakan bill gates, saat ini masih belajar merintis bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline. Sangat tertarik dengan trading saham, dan Selalu membaca berita seputar Bursa Efek Indonesia setiap pagi...

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button